5 Kendaraan Buatan Indonesia Yang Laris Manis di Luar Negeri

Berbagai Jenis Kendaraan Buatan Indonesia
AntamediaID.blogspot.com - Meski banyak yang menilai negara kita kalah dari negara tetangga dari segi produksi merk mobil nasional, seperti Malaysia yang sudah memiliki merk mobil nasional yaitu Proton dan Perodua serta Vietnam yang juga sudah memiliki merk mobil nasional Vinfast. Kita sebagai warga Indonesia masih bisa merasa bangga terhadap negara tercinta kita, Indonesia. Walau Indonesia belum bisa mewujudkan mimpinya untuk memiliki merk mobil nasional, Indonesia sudah bisa membuat berbagai produk kendaraan berkualitas Internasional seperti alutsista dan alat transportasi umum yang diminati oleh banyak negara. Berikut ini Antamedia Indonesia sajikan info menarik tentang 5 kendaraan buatan Indonesia yang laris manis di luar negeri.
Pembuatan Kereta Api di PT. INKA
Kereta Api Buatan PT. INKA
Selain di pasar domestik, kereta api buatan PT. Industri Kereta Api (INKA) juga laris dibeli oleh beberapa negara mulai dari Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, hingga negara benua tetangga kita yaitu Australia. PT. INKA juga sudah mulai menjajaki pasar Kereta Api di Benua Afrika. Kereta Api yang dipesan dari PT. INKA tidak hanya berjumlah satu atau dua unit saja tetapi sampai ratusan unit. Sebagai contoh negara Bangladesh memesan Kereta Api PT. INKa yang berjumlah lebih dari 200an unit. Harga yang kompetitif dan kualitas produk yang baik menjadi beberapa faktor yang menyebabkan Kereta Api buatan PT. INKA diterima ditingkat Internasional.
Kapal Perang Buatan PT. PAL Pesanan Filipina
Kapal Perang Buatan PT. PAL Indonesia
Produsen Kapal Perang dalam negeri yaitu PT. PAL Indonesia menarik minat negara tetangga yaitu Filipina untuk memesan Kapal Perang dengan jenis Strategic Sealift Vessel (SSV) yang akan digunakan untuk Militer Filipina yang memiliki nilai kontrak sebesar 90 Juta US Dolar atau sekitar 1,1 Triliun Rupiah. Kapal perang ini memiliki panjang 123 meter dengan lebar 21,5 meter dan bobot 10300 ton dengan berat yang bisa diangkut sebesar 7400 ton. Kapal berjenis SSV ini memiliki kecepatan 16 knot dengan jarak tempuh maksimal selama 3 hari. kapasitas dari kapal ini dapat mengangkut hingga 500 pasukan dan 121 penumpang, 20 tank tempur dan 2 helikopter. Kapal perang tersebut sudah diserah terimakan ke Filipina dan Filipina mengaku puas dengan kapal perang buatan PT. PAL Indonesia ini.
Helikopter Buatan PT. DI
Helikopter Buatan PT. DI
Selain berjaya di laut, Indonesia juga berjaya di Udara dengan adanya Helikopter buatan PT. Dirgantara Indonesia (DI). Helikopter EC-725 dan EC-225 yang dibuat oleh PT. DI merupakan hasil kerjasama dengan Airbus Helikopter Perancis ini sudah digunakan oleh lebih dari 30 kepala negara diseluruh dunia, diantaranya Presiden Prancis, Presiden Korea Selatan, Presiden Spanyol dan Presiden Turki. Helikopter EC-725 versi Militer seharga 35 Juta Euro atau senilai 520 miliar Rupiah per unit. Helikopter ini dapat mendarat di landasan berbatu bahkan bersalju, sehingga memungkinkan untuk mengantar penumpangnya seperti Presiden di berbagai wilayah di negaranya. helikopter ini juga dapat dipersenjatai, karena kecepatannya tidak akan berkurang walaupun ditambahi dengan bobot dari enjata yang dipasangnya. Ketangguhan dari Helikopter EC-725 ini sudah teruji dalam berbagai pertempuran seperti di Lebanon, Afghanistan, Libya dan Mali.
Panser Anoa Buatan PT. Pindad
Panser Anoa Buatan PT. Pindad
PT. Pindad berhasil mengharumkan nama Indonesia di mata Internasioal, dengan keberhasilannya memproduksi Panser Anoa yang sudah merambah pasar mancanegara. beberapa negara yabg sudah menggunakannya antara lain Malaysia, Oman dan Brunei Darussalam. Panser yang menggunakan mesin butan Renault ini sudah teruji ketangguhannya dalam misi perdamaian PBB di Timur Tengah, kualitasnya sudah sesuai dengan standar NATO pada level 3 atau yang level tingkat ketahanannya sudah lebih baik dari level dua yang diproduksi di China dan India.
Pesawat N-219 Buatan PT. DI
Pesawat Terbang Buatan PT. DI
Selain memproduksi Helikopter, PT. DI juga memproduksi pesawat terbang yang dapat digunakan untuk kebutuhan komersial maupun militer. Pesawat produksi PT. DI sudah merambah pasar sejumlah negara di Asia, Afrika hingga Amerika Latin. Negara yang membeli peswat buatan PT. DI diantaranya Vietnam, Filipina, Senegal, Korea Selatan, Turki, Malaysia dan Brunei Darussalam. Pesawat yang menjadi incaran negara tersebut diantaranya adalah NC-212, CN-235 dan N-219 (yang dikenal sebagai Nurtanio). Beberapa faktor yang menjadikan pesawat buatan PT. DI menjadi pilihan bagi negara-negara tersebut diantaranya yaitu karena memiliki teknologi terkini, dan kualitas produknya sudah tidak diragukan lagi.

Demikian ulasan kami tentang produk buatan anak bangsa yang mengharuskan kita untuk tetap bangga sebagai bangsa Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat untuk sobat pembaca semua. Apa pendapat kalian tentang produk buatan Indonesia ini? Jika ada komentar silahkan tinggalkan dikolom komentar dibawah ya! Terima Kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »