MOBIL-MOBIL YANG MENDAPAT GELAR SEBAGAI YANG PERTAMA DI DUNIA

AntamediaID.blogspot.com - Apakah kamu penasaran, mobil apa saja yang mendapat predikat sebagai mobil yang pertama di dunia ? Baik itu dari segi mesin, teknologi, fitur dan lainnya. Berikut ini kami sajikan beberapa mobil yang mendapat predikat tersebut.


Benz Velo - Mobil Produksi Pertama Dunia

Benz Velo merupakan mobil pertama yang diproduksi dalam jumlah banyak. Mobil ini di produksi mulai tahun 1886 sampai 1893. Tahun 1895 Benz Velo dipatenkan dan menjadi mobil produksi pertama dunia. Velo mempunyai tenaga 3,5 dk dengan kecepatan 19 km/jam. Benz Velo diciptakan oleh Carl Friederich Benz lahir 25 November 1844 yang juga mendirikan Perusahaan pembuat mobil pertama di dunia, Benz & Co. pada tahun 1871.

Lohner-Porsche Mixte - Mobil Hybrid Pertama Dunia

Mobil hybrid pertama di dunia lahir tahun 1899.Lohner-Porche Mixte merupakan mobil konsep pada tahun 1899 yang menggabungkan bahan bakar minyak dan listrik.Mobil hybrid adalah jenis mobil yang menggunakan penggabungan energi untuk menghasilkan gerak pada mobil.

Renault Voiturette - Mobil Sedan Pertama Dunia

Renault Voiturette Type C merupakan mobil penumpang bertempat duduk empat pertama dunia yang merupakan cikal bakal mobil sedan. Voiturette mempunyai kapasitas mesin 273cc. Renault Voiturette pertama kali di perkenalkan pada acara Mondial de I'Automobile, Prancis pada tahun 1900.




Curved Dash - Mobil Produksi Massal Pertama Dunia

Oldsmobile Curved Dash merupakan mobil pertama yang dibangun dengan bagian-bagian yang bisa ditukar dan dikembsngkan sehingga Curved Dash disebut sebagai mobil produksi massal pertama dunia. Diproduksi sebanyak 19.000 unit mulai tahun 1901 sampai dengan 1907, mobil ini sanggup melaju sampai 32 km/jam.

Ford Model-T - Mobil Station Wagon Pertama Dunia

Ford Model-T merupakan mobil pertama yang dirakit secara massal pada tahun 1908. Station Wagon adalah mobil penumpang yang lebih panjang dan besar dari sedan yang mempunyai pintu di bagian belakangnya.

Cadillac Model Thirty - Mobil Berbadan Tertutup dan Penyalaan Listrik Pertama Dunia

Di tahun 1912, Caddilac Model Thirty merupakan mobil pertama kali di dunia yang dilengkapi dengan sitem penyalaan listrik atau electrical starter dan juga Mobil dengan badan tertutup.


Scripps-Booth - Mobil Ber-Power Door Lock Pertama

Power door lock berfungsi untuk mengunci semua pintu mobil vila menekan tombol kunci ini. Dan mobil yang memiliki sistem ini pertama adalah Scripps-Booth, Scripps-Booth memproduksi mobil ini dari tahun 1913 sampai 1923.

Buggati Type 35 - Mobil Bermesin Tiga Katup Pertama

Mobil balap Buggati Type 35 memperkenalkan mesin dengan tiga katup pertama di dunia pada tahun 1924. Mobil ini diperkenalkan di Grand Prix Lyon pada tanggal 3 Agustus 1924.

Lancia Lambda – Mobil Massal Berkerangka Monokok Pertama di Dunia

Lancia meluncurkan mobil berkerangka monokok  (monocoque body) yang kuat pertama di dunia bernama Lamda pada tahun 1924. Monokok adalah sistem kerangka tercetak menjadi satu kesatuan tanpa adanya sambungan.




Citroen Rosalie - Mobil Massal Bermesin Diesel Pertama

Dibuat antara tahun 1932 sampai 1938, Rosalie sanggup berlari dengan kecepatan 115 km/jam. Mobil ini mobil produksi massal pertama di dunia yang menyematkan mesin diesel di dalamnya.

Peugeot 401 - Mobil Cabriolet Pertama Dunia

Pada Paris Motor Show 1934,Peugeot memperkenalkan 401, sebuah mobil Cabriolet pertama di dunia. Cabriolet atau convertible adalah mobil empat pintu dengan model atap terbuka.

Ford Utility Coupe - Mobil Pick-Up Pertama Dunia

Pada tahun 1934,Ford Mengeluarkan mobil jenis baru pertama kali di dunia yaitu coupe utility atau dikenal dengan Pikap.


Lancia Ardea - Mobil Penumpang Bertransmisi Lima Percepatan Pertama Dunia

Lancia Ardea menjadi mobil penumpang pertama di dunia yang menggunakan sistem transmisi lima percepatan. Lancia Ardea diproduksi antara tahun 1932 sampai 1953.

Ford Vidette - Mobil Bersuspensi MacPherson Strut Pertama Dunia

Ford Vedette menjadi mobil pertama di dunia yang memakai suspensi MacPherson Strut.Ford Vedette dibuat dari tahun 1948 sampai 1954.




Stout Scarab Mobil - Minivan Pertama Dunia

Stout Scarab adalah mobil prototype yang dibuat tahun 1930 - 1940-an yang menjadi mobil minivan pertama di dunia.

Volkswagen Type 2 - Mobil Massal Minibus Pertama

Diperkanalkan pertama kali pada tahun 1950,Volskwagen Type 2 atau VW Kombi adalah sebuah bus kecil pertama di dunia yang juga disebut minivan atau minibus.

Aston Martin DB 2/4 - Mobil Hatchback Pertama Dunia

Hatchback pertama kali lahir tahun 1953 melalui Aston Martin DB 2/4.Hatchback memiliki panjang lebih pendek dibandingkan station wagon yang mempunyai model serupa.

Imperial - Mobil Power Steering Pertama Dunia

Mobil yang pertama kali menyematkan power steering dan cruise control adalah Imperial pada tahun 1955.


Fiat 600 Multipla - Mobil MPV pertama Dunia

Fiat 600 Multipla merupakan mobil keluarga berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) atau multi fungsi pertama dunia.Fiat 600 Multipla diproduksi antara tahun1955 sampai 1969.

Saab GT 750 - Mobil Ber-Safety Belt Standar Pertama

Saab GT 750  menjadi mobil pertama di dunia yang menyematkan perangkat keamanan sabuk pengaman untuk dua penumpang depan,yang diaplikasikan pada tahun 1958.

Oldsmobile Cutlass - Mobil Bermesin Turbocharger Pertama

Oldsmobile Cutlass adalah mobil pertama yang menggunakan mesin turbocharger,yang disematkan pertama kali pada tahun 1962.

Jensen FF - Mobil sistem ABS Pertama

Jensen FF adalah mobil pertama yang memakai sistem rem ABS (Anti-Lock Breaking System) pada tahun 1966.

Volkswagen Type 3 - Mobil Electronic Fuel Injection Pertama

Volkswagen Type 3 merupakan sebuah mobil yang pertama kali menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection atau sistem injeksi bahan bakar pada tahun 1968.

Oldsmobile Toronado - Mobil Pemakai Airbag Pertama Dunia

Oldsmobile Toronado dibuat pada tahun 1966 sampai 1992, mobil ini terkenal karena pertama kalinya sebuah mobil menggunakan piranti keselamatan kantong udara atau airbag pada tahun 1974 dan juga yang pertama kali menggunakan sistem penggerak roda depan di Amerika Serikat.


Alfa Romeo Spider - Mobil Bermesin VVT Pertama Dunia

Pada tahun 1980,Alfa Romeo Spider merupakan mobil pertama dunia yang menggunakan mesin VVT atau Variable Valve Timing dengan tenaga mesin sebesar 166 dk.

Packard 180 - Mobil Berpower Window Pertama Dunia

Di tahun 1940, Packard 180 yang pertama kali menggunakan sistem power window atau electric window untuk membuka kaca mobil secara otomatis di dunia.

Ferrari F40 - Mobil Massal Berkecepatan 200 mph Pertama Dunia

Ferrari F40 adalah mobil produksi massal dan mobil street legal pertama di dunia yng memecahkan mitos rekor kecepatan 200 mil per jam. Supercar ini diproduksi dari tahun 1987 hingga 1992 sebagai penerus Ferrari 288 GTO. Pada waktu itu, F40 adalah mobil tercepat , paling kuat, dan paling mahal yang dijual kepada dunia.

Share this

Related Posts

First

2 komentar

komentar
October 11, 2018 at 8:56 PM delete

Pada tahun 1893, Velo Benz menjadi Mobil murah pertama di dunia, dan menjadi mobil penumpang yang diproduksi secara massal. Menurut data yang ada, jumlah mobil di Indonesia sangat banyak. Namun, Mobil pertama di Indonesia dimiliki oleh Sunan Pakubuwono X dari surakarta. Lewat Proetell & Co, Sunan Pakubuwono X membeli langsung mobil Benz dari pabriknya di jerman dan tiba di Istana tahun 1894. Menurut catatan museum mercedes Benz, antara tahun 1893-1894 diproduksi 2 tipe kendaraan. Pertama adalah Benz Victoria, diproduksi tahun 1893-1894(Gambar kiri). Kedua adalah Benz Velo diproduksi tahun 1894.

Benz victoria yang dibeli sunan seharga 10.000 Gulden, dikabarkan memiliki mesin 1 silinder dengan 5 daya kuda. Pakubuwono X memperkerjakan seorang bekas serdadu belanda bernama A. Leibholz sebagai supir. Mobil pertama di belanda dimiliki oleh seorang Fotografer istana bernama Zimmermann, asal den Haag. Namun itu baru 2 tahun setelah Sultan Pakubuwono X memilikinya.

Btw, great post, salam kenal ya

Reply
avatar
December 21, 2018 at 1:46 PM delete

Terima Kasih Agan, atas infonya dan Salam Kenal Kembali

Reply
avatar