Inovasi In-Display Fingerprint Sensor yang Lebih Canggih dari Xiaomi


Saat ini mulai banyak vendor smartphone yang sudah menerapkan sistem pengaman sensor pemindai sidik jari yang tertanam di layar atau nama kerennya In-Display Fingerprint Sensor pada produk keluaran terbarunya, akan tetapi area  yang dapat mendeteksi sidik jari di layar terbilang masih sempit, atau terbatas area tertentu saja. Oleh karena itu, para vendor tetap mengembangkan in-display fingerprint sensor dengan teknologi lebih canggih untuk bersaing dengan vendor lainnya. Salah satunya dilakukan Xiaomi.

Melalui akun Weibo-nya, Lin Bin, Co-founder dan Presiden dari Xiaomi mengunggah purwarupa sensor pemindai sidik jari dalam layar yang ia sebut sebagai "next-generation". Tidak banyak detail informasi yang dapat diketahui dari unggahannya Lin Bin tersebut.

Namun dia mengatakan bahwa dengan adanya sensor ini maka dapat mengatasi dua perkara yang menjadi madalah dalam penerapan teknologi In-Display Fingerprint Sensor.

Masalah yang pertama, adalah masalah ketidakmampuan on-tap unlocking yang mengharuskan layar ponsel untuk menyala terlebih dahulu, baru kemudian bisa memindai sidik jari.

Sensor pemindai sidik jari dalam layar dan software yang digunakan nantinya akan memungkinkan pengguna untuk melakukan opsi "one-tap", sehingga bisa langsung masuk ke perangkatnya hanya dengan menempelkan jarinya langsung ke layar tanpa harus menyalakan layar terlebih dahulu.




Lalu masalah yang kedua yaitu terbatasnya area sensor yang digunakan sebagai pemindai sidik jari. Selama ini, para vendor smartphone hanya menempatkan sensor pemindai sidik jari di sebagian kecil area layar.

Kemudian ada masalah lain yang muncul yaitu penanda letaknya sensor pemindai sidik jari yang tidak jelas, sehingga kadang-kadang bisa membingungkan pengguna.

Masalah lain yang muncul adalah penanda letak sensor pemindai sidik jari itu tidak jelas, sehingga kadang membingungkan pengguna.

Menurut Xiaomi seperti yang dilansir dari Uber Gizmo China, bahwa sensor baru yang mereka kembangkan akan meningkatkan area aktif sensor seluas 25 mm x 50,2 mm.

Belum bisa diketahui kapan Xiaomi akan meluncurkan terobosan sensor tercanggihnya ini.

Sampai saat ini, baru Mi 8 Explorer Edition yang sudah diberikan fitur pengaman sensor pemindai sidik jari di dalam layar atau In-Display Fingerprint Sensor oleh Xiaomi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar