MENGENAL BEBERAPA INFO DAN FAKTA TERKAIT AMNESIA



AntamediaID.blogspot.com - Pernahkah anda berpikir seperti apakah amnesia itu? mengapa orang yang mengalami amnesia tetapi masih bisa mengingat bahasa apa yang dia gunakan biasanya sebelum mengalami amnesia, masih ingat cara berjalan, dan lain-lain. Padahal amnesia yaitu hilang ingatan yang berarti lupa semuanya diantaranya lupa dengan nama sendiri, lupa dengan tempat asalnya, bahkan lupa dengan hutangnya. Faktanya amnesia itu merupakan gangguan daya ingat yang mengakibatkan kehilangan ingatan tentang suatu informasi, fakta, dan pengalaman. Kebanyakan dalam cerita-cerita fiksi khususnya di film atau sinetron, orang yang menderita amnesia tidak bisa mengingat siapa dirinya. Namun berbeda dengan cerita fiksi tersebut, kenyataannya amnesia dalam kehidupan nyata umumnya tidak menyebabkan kehilangan identitas. Malah, penderita amnesia biasanya dapat dengan jelas mengingat siapa dirinya. Tapi mereka akan merasa sulit untuk belajar ataau menerima informasi, bahkan ingatan yang baru terbentuk.

Kali ini Antamedia Indonesia akan menyajikan beberapa fakta amnesia yang menarik untuk kita ketahui. Check This Out!

Amnesia Berbeda Dengan Pikun
Amnesia memiliki dua ciri utama, yang pertama adalah Anterograde amnesia yaitu ketidakmampuan untuk belajar informasi baru setelah menderita amnesia. Lalu yang kedua, Retograde amnesia yaitu ketidakmampuan untuk mengingat kejadian di masa lalu. Daya ingat jangka pendek merupakan masalah yang dimiliki oleh kebanyakan dari penderita amnesia. Ingatan-ingatan yang baru terbentuk kemungkinan besar akan hilang, sementara ingatan yang kemungkinan akan tidak hilang yaitu ingatan yang sangat mendalam atau sudah dipelajari dari kecil.

Sebagai contoh, seseorang yang mengalami amnesia mungkin dapat mengingat kejadian di masa kecil atau tahu nama dari para mantan presiden, namun tidak bisa ingat nama presiden di periode sekarang atau makanan apa yang telah dia makan saat sarapan pagi tadi.




Amnesia Bukan Lupa Akan Segala Hal
Kehilangan ingatan tidak berarti mengakibatkan seseorang akan kehilangan kecerdasannya. Amnesia tidak mempengaruhi pengetahuan umum, kesadaran, rentang perhatian, penilaian, kepribadian atau identitas dari si penderita amnesia. Kata-kata baik secara lisan maupun tertulis masih bisa dipahami oleh seseorang yang menderita Amnesia dan keahlian tertentu seperti bersepeda atau bermain alat musik masih bisa dipelajari olehnya. Mereka mungkin sadar bahwa sedang mengalami amnesia.

Amnesia Bukan Juga Dementia
Walaupun memiliki gejala yang mirip, tapi amnesia tidak sama dengan dementia. Dementia biasanya disertai dengan hilang ingatan, namun penyakit ini juga melibatkan masalah kognitif sehingga mengakibatkan ketidakmampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Hilang ingatan juga merupakan gejala umum dari gangguan kognitif ringan atau Mild Cognitive Impairment (MCI), tapi tidak separah seperti penyakit dementia.

Tanda dan Gejala Amnesia
·       Salah mengingat suatu kejadian atau menciptakan ingatan palsu atau yang sama sekali tidak terjadi.
·       Masalah neurologis yang ditandai dengan gerakan yang tidak beraturan atau kejang, kebingungan atau disorientasi (ketidakmampuan) untuk mengenal lingkungan sekitar.

Berbeda dengan Gila
Perbedaannya kalau orang gila itu jiwa dan akalnya hilang, sedangkan amnesia (hilang ingatan) akalnya masih ada (tetap) dan jiwanya yang hilang, akan tetapi orang ini tidak menghilangkan jiwanya, malah dia mencari jiwanya yang hilang tersebut. Kalau melihat orang Amnesia masih bisa melakukan apapun tapi itu dilakukan secara tidak sadar dan akalnya membimbing dirinya untuk melakukan kebiasaan yang biasa dilakukannya sebelum dirinya mengalami Amnesia. Jadi orang Amnesia ini dia melakukan sesuatu tapi merasa lupa karena dirinya tidak mengenali dirinya sendiri dan berusaha untuk mencari.




Amnesia Mempengaruh Fungsi Otak
Supaya fungsi memori pada otak dapat berjalan normal, banyak bagian otak yang terlibat dan penyakit atau cedera pada otak dapat mengganggu fungsi tersebut. Kerusakan pada struktur otak yang mengontrol emosi dan ingatan bisa saja mengakibatkan amnesia. Amnesia yang disebabkan oleh cedera atau kerusakan pada otak dikenal sebagai amnesia neurologis/organik. Beberapa hal yang menyebabkan amnesia jenis ini adalah sebagai berikut:
·       Stroke
·       Radang otak (Encephalitis) yang diakibatkan oleh infeksi virus atau karena reaksi imun tubuh terhadap kanker di bagian tubuh lain.
·       Kondisi otak yang kekurangan oksigen.
·       Penyalahgunaan konsumsi alkohol dalam jangka panjang.
·       Tumor tumbuh di bagian otak yang bertanggung jawab mengontrol memori.
·       Penyakit otak degeneratif, misalnya penyakit Alzheimer.
·       Efek samping obat atau pengobatan tertentu.

Amnesia Bukan Seperti di Sinetron
Kebanyakan kisah fiksi menceritakan bahwa amnesia bisa disebabkan oleh cedera kepala, seperti ketika terjadi kecelakaan mobil. Namun pada kenyataannya, hal ini biasanya hanya menimbulkan kebingungan dan kesulitan dalam mengingat informasi baru, dan bersifat sementara. Seperti yang sering kita lihat di dunia pertelevisian Indonesia, lupa amnesia biasanya diindentikan dengan lupa segala hal. Seolah-olah dia seperti lahir kembali, tapi kalau lahir kembali kan harus diajarin dulu seperti berbicara, jalan, dan melakukan kegiatan lainnya disaat belum mengalami amnesia . Lah tapi ini sudah bisa bertanya Saya siapa? hahaha. Yang ada di cuci otak atau dihipnotis kalau sampe lupa diri.


Nah itu sedikit informasi yang dapat kami sajikan mengenai amnesia yang mungkin kita belum mengetahuinya. Semoga Bermanfaat, Terima Kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »