Apakah Redmi dan Poco Benar-Benar Sudah Berpisah dengan Xiaomi? Bagaimana Realme dengan Oppo?

Apakah Redmi dan Poco Benar-Benar Sudah Berpisah dengan Xiaomi? Bagaimana Realme dengan Oppo?
AntamediaID.blogspot.com - Sebelum kita bahas lebih lanjut, saya disclaimer lebih dahulu bahwa pembahasan berikut ini berdasarkan analisa, pendapat, pemahaman dan hasil penelusuran penulis yang diperoleh dari berbagai sumber yang dapat dicari menggunakan Google Search serta bergantung pada waktu yang terus berjalan, karena mungkin saja apa yang telah dibahas dibawah ini bisa saja berubah di lain waktu.

Pasti sudah banyak dari Sobat Pembaca yang kenal dengan Smartphone yang bermerek Redmi dan Poco (sebelumnya Pocophone). Ketika pertama kali dirilis Redmi dan Poco merupakan varian dari produk dari Xiaomi atau lebih mudahnya seperti Avanza dan Innova yang merupakan varian produk mobil dari Toyota. Namun, beberapa waktu yang lalu dikabarkan bahwa Redmi dan Poco sudah berpisah dengan Xiaomi. Kemudian karena hal tersebut yang masih abu-abu menyebabkan banyak orang-orang yang bertanya-tanya, apakah Redmi dan Poco itu Xiaomi atau bukan?. Apakah Redmi dan Poco benar-benar berpisah dengan Xiaomi?

Dari hasil penelusuran yang saya lakukan di Google Search dan pemahaman saya dapat diketahui bahwa Redmi dan Poco memang sudah berpisah dengan Xiaomi, namun yang dipisah hanya brandnya saja tidak dengan perusahaannya. Pada kasus Redmi dan Poco ini berbeda dengan kasus berpisahnya Realme dengan Oppo. Pada Kasus Oppo dan Realme brand serta perusahaannya dipisah secara independen juga namun tetap dalam satu naungan Induk Perusahaan yaitu BBK Electronics Corporation. Dari hasil penelusuran diketahui perusahaan dari Oppo yaitu Guangdong OPPO Mobile Telecommunications Corp., Ltd. dan untuk perusahaan dari Realme yaitu Realme Mobile Telecommunications (ShenzhenCo., Ltd.
Terlihat Jelas Tercantum Tulisan "Xiaomi Communications Co., Ltd." pada Body Belakang Poco F2 Pro
Seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa Redmi dan Poco hanya dipisah brandnya saja dari Xiaomi. Kesimpulan tersebut saya peroleh dari hasil penelusuran menggunakan Google Search yang hasilnya nihil untuk perusahaan masing-masing yang menaungi brand Redmi dan Poco secara independen. Di lain sisi pada penelusuran menggunakan Google Search ditemukan bahwa untuk pendaftaran merek dagang Redmi dan Poco masih diurusi oleh Xiaomi dengan perusahaannya yaitu Xiaomi Inc. Hal tersebut berbeda dengan Realme yang pendaftaran merek dagangnya sudah diurusi oleh perusahaannya sendiri bukan diurus oleh Oppo. Kemudian selain itu juga berdasarkan gambar produk terbarunya, Poco F2 Pro di website resminya dan di video live streaming "POCO Global Launch Event" tanggal 12 Mei 2020 di Channel Youtube resminya terlihat pada bagian body belakangnya terdapat tulisan "Xiaomi Communications Co., Ltd." yang posisinya di bawah tulisan atau logo Poco.

Selain dari sisi perusahaannya juga dapat diketahui dari website resmi yang digunakan oleh Redmi dan Poco. Untuk Redmi websitenya masih jadi satu dengan Xiaomi baik website secara Global maupun Region. Sedangkan untuk Poco memang sudah memiliki website sendiri namun pada bagian Copyright (Hak Cipta) atau atribusi websitenya pada bagian bawah sendiri tercantum "Copyright © 2010 - 2020 Xiaomi. All Rights Reserved". Hal tersebut berbeda dengan Realme yang pada bagian atribusinya mencantumkan "© 2019-2020 realme. All Right Reserved." bukan mencantumkan copyright yang berasal dari Oppo.

Kemudian dapat dilihat juga pada box penjualan beserta isinya dari Smartphone Redmi yang masih mencantumkan logo Xiaomi pada boxnya dan juga pada "kitab-kitab" serta perlengkapannya seperti adapter charger yang disertakan di box penjualannya. Begitu juga dengan Poco yang sepengamatan saya meskipun pada box penjualan Poco X2 tidak menyantumkan logo Xiaomi tetapi adapter chargernya masih mencantumkan logo Xiaomi. Berbeda dengan Realme yang tidak ada logo Oppo satupun pada box penjualan maupun isinya.

Dari fakta-fakta yang telah dipaparkan diatas dapat disimpulkan bahwa sebenarnya Redmi dan Poco itu belum berdiri sendiri dari sisi perusahaannya karena masih jadi satu dengan Xiaomi. Namun, dari sisi brand Redmi dan Poco memang sudah berpisah. Nah, untuk gampangnya sebagai contoh seperti Indomie, Supermi dan Sarimi merupakan brand yang berbeda tetapi masih dibawah naungan satu perusahaan yang sama yaitu Indofood, dengan perusahaannya PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Sedangkan untuk Oppo dan Realme gampangnya sebagai contoh seperti Toyota dan Daihatsu yang di Indonesia masing-masing memiliki perusahaannya sendiri tetapi masih didalam naungan Induk Perusahaan yang sama yaitu PT. Astra International Tbk. di Indonesia.


Nah, itulah pembahasan kali ini tentang pisahnya Redmi dan Poco dengan Xiaomi serta Realme dengan Oppo. Mohon maaf jika ada kekurangan atau kesalahan pada uraian diatas karena mungkin kurangnya sumber, pengetahuan dan pemahaman dari saya.


Bagaimana nih jika menurut Sobat Pembaca, apakah ada pendapat lain atau ada yang ditanyakan? Jika ada silahkan sampaikan dikolom komentar dibawah dan barang kali ada pihak dari Xiaomi dan Realme yang membaca artikel ini jika ada koreksinya silahkan sampaikan di kolom komentar juga supaya lebih jelas dan tidak ada kesalahan persepsi atau pemahaman. Semoga informasi ini bermanfaat untuk para Sobat Pembaca. Terima Kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »